Wednesday 4 February 2015

Seputar data ordinal dan interval [LAGI]

Masih seputar data ordinal dan interval yang sebelumnya sudah saya posting sebelumya di m-ardha.blogspot.com/2014/12/masih-perlukan-data-ordinal.html ternyata setelah disearching ada sebuah penelitian yang ternyata membuktikan bahwa memang tidak ada perbedaan yang begitu berarti antara data ordinal dan data interval.
berikut ini cuplikan abstraknya :
Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan perbedaan pandangan tentang skala likert, dimana beberapa peneliti memandang bahwa skala likert adalah ordinal namun beberapa peneliti yang lain memandang bahwa skala likert adalah interval. Perbedaan pandangan ini berakibat pada perbedaan alat analisis yang digunakan. Metode yang digunakan pada penulisan artikel ini adalah metode kualitatif, analisis korelasi rank spearman dan analisis korelasi product moment antara data dengan skala likert yang belum ditranformasi dengan skala likert yang telah ditransformasi dengan metode succesive interval. Perbandingan hasil analisis regresi dan analisis jalur antara data dengan skala likert yang belum ditranformasi dengan skala likert yang telah ditransformasi dengan metode succesive interval. Berdasarkan hasil analisis korelasi rank spearman dan korelasi produk moment ditemukan bahwa terdapat korelasi yang sangat kuat kuat antara data dengan skala likert yang belum ditranformasi dengan skala likert yang telah ditransformasi dengan metode succesive interval. Berdasarkan hasil perbandingan hasil analisis regresi dan analisis jalur antara data dengan skala likert yang belum ditranformasi dengan skala likert yang telah ditransformasi dengan metode succesive interval memberikan hasil yang sama.
sumber :
 Suliyanto, Suliyanto (2011) PERBEDAAN PANDANGAN SKALA LIKERT SEBAGAI SKALA ORDINAL ATAU SKALA INTERVAL. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro 2011 . pp. 51-60. ISSN ISBN:978-979-097-142-4

No comments:

Post a Comment

tanggapan, saran, kritik, diskusi, dll silahkan corat-coret dikomentar, tapi yang sopan ya..