Saturday 21 June 2014

SIM data pilihan diperlukan agar aplikasi tetap online pada Nokia Asha

Selamat siang teman-teman semua (teman dr mana, perasaan ni blog kgk ada yang baca, hahaha  XD) - what ever lah- back to topik.
Kemarin sempat dapat masalah dengan HP saudara gw. HPnya Nokia Asha Tipe 201, penampakannya seperti dibawah ini :

Nah karena sinyal di tempat ane masih agak lemot alias langka (maklum masih agak pedesaan, meskipun bukan pelosok banget) dan juga dikarenakan pulsa yang tidak memadai maka saat ane coba buka Facebook dari browser bawaan HP Nokia (Nokia Express) lamaa sekali loadingnya.

Karena terlalu lama menunggu lama buka halaman facebook, ane coba lihat-lihat lah aplikasi yang ada di Nokia Asha 201 punya saudara ane ini. Disana sudah terinstal aplikasi bawaan facebook (facebook mobile), dan ternyata itu merupakan program bawaan dari Nokia Asha 201 ini.

Petaka pun dimulai...

Karena sebelumnya belum pernah dibuka oleh saudara ane aplikasi facebook ini, dan baru pertama kali ini dan itupun ane yang buka proses instalisasi (loading awal) pun dimulai. karena masalahnya di sinyal masih agak susah, hasilnya pun gak jauh beda dengan saat mencoba membukanya menggunakan aplikasi Browser Bawaan Nokia (Nokia Express) tadi. Lama.. Lama.. dan Semakin Lama.. mungkin kutukan ya :D

Dan hasilnya ane pun keluarkan dari aplikasi itu, karena tidak menimbulkan kemajuan yang signifikan. nah dari sini muncul sebuah permasalahan. muncul sebuah pertanyaan :
"sim data pilihan diperlukan agar aplikasi tetap online. Lanjutkan? "
ada dua pilihan "Ya" atau "Tidak"
Karena setahu ane kalau ane tekan "Ya", maka nanti hasilnya HP akan online terus, dan ini berarti pulsa akan tersedot terus karena biaya akses data, maka ane tekan "Tidak".

Hasilnya tiap beberapa menit selalu muncul pertanyaan yang sama
"sim data pilihan diperlukan agar aplikasi tetap online. Lanjutkan? "
Astagfirullah, apa salah ku sampai HP saudara ku yg masih baru malah aku bikin eror kayak gini, hohohoho

Hampir selama 3hari ane coba obok-obok (kyk lagunya joshua dulu) tuh HP, mulai dari setingan lah, pilihan operatornya lah dll.

dan ternyata ketemu juga caranya untuk menghilangkan "sim data pilihan diperlukan agar aplikasi tetap online. Lanjutkan? " pada Nokia Asha 201 ini.

Solusi :
Pada saat itu, karena posisi ane baru bangun tidur jadi secara tidak sadar ane tekan pilihan "Ya" dan hasilnya selama beberapa saat akses data akan aktif tapi setelah itu menjadi non aktif lagi karena aplikasi facebooknya belum sempat terbuka apalagi login ke facebook. dan pertanyaan "sim data pilihan diperlukan agar aplikasi tetap online. Lanjutkan? " tidak muncul kembali.

Selain cara itu, cara terekstrimnya ialah dengan hard reset/ kembali ke pengaturan pabrik. tetapi ingat sebelumnya backup dulu semua data pada handphone kita.
Semoga pengalaman ini berguna bagi kalian semua.

No comments:

Post a Comment

tanggapan, saran, kritik, diskusi, dll silahkan corat-coret dikomentar, tapi yang sopan ya..