Saturday 24 October 2009

Yang terlewatkan

Akademi Statistika Muhammadiah tercinta,paling tidak begitulah namanya saat aku mendaftar disini. Meskipun kecil tapi manfaatnya besar dan ilmu yang ada disana amat sangat buanyak


SEKILAS MENGENAI AIS-M
SEJARAH

Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang yang selanjutnya disingkat (AIS-M) Semarang adalah suatu perguruan tinggi yang didirikan dengan status Terakreditasi sesuai dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor 014/BAN-PT/Ak-IV/Dpl-III/X/2006.

Pendirian AIS-M Semarang didasari dengan pokok–pokok pikiran :
Pembangunan di segala bidang masa sekarang maupun yang akan datang terus berlanjut. Karena keinginan manusia ingin hidup sejahtera dan lebih berkualitas hidupnya, perlu diupayakan terus menerus sepanjang masa.
Dengan makin majunya pembangunan di perlukan data statistik dan informasi yang akurat mutlak diperlukan. Karena data tersebut dipakai sebagai bahan perencanaan maupun pengambilan keputusan.
Untuk menghasilkan data dan informasi yang akurat, yaitu data yang relevan, valid, up to date dan reliable. diperlukan tenaga terdidik dalam bidang statistik.

Bahwa tenaga terdidik yang menangani data statistik dirasakan masih sangat kurang. Hal ini terbukti di setiap instansi pemerintah maupun perusahaan-perusahaan swasta penanganan data statistik masih ditangani oleh tenaga-tenaga yang belum mempunyai latar belakang di bidang statistik. Akibatnya data tidak tersaji secara benar dan baik sehingga tidak dapat di pakai sebagai dasar pengambilan keputusan.
Di Akademi Statistika (AIS) Muhammadiyah Semarang diajarkan tentang tata cara pengumpulan, pengolahan, penyajian dan analisis data berdasarkan konsep-konsep baku dari BPS dan PBB.
Untuk itu maka Persyarikatan Muhammadiyah merasa terpanggil untuk mengisi pembangunan melalui bidang pendidikan dengan cara mendidik lulusan SLTA untuk menjadi tenaga yang berkeahlian di bidang statistik.


VISI

Diharapkan menjadi program studi unggulan yang menghasilkan Ahli Madya Statistika yang berkualitas dengan keterpaduan IMTAQ dan IPTEK modern sehingga mampu bersaing di era global.


MISI
Menyelenggarakan pendidikan dengan keterpaduan IMTAQ dan IPTEK dengan mengedepankan wawasan keislaman
Mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat).
Meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM (Dosen, staf dan karyawan) melalui jalur pendidikan yang berkelanjutan.
Meningkatkan dan melengkapi sarana dan prasarana pendidikan dalam rangka meningkatkan proses belajar mengajar.
Mengembangkan kemampuan berbahasa asing (Inggris) bagi dosen, karyawan dan mahasiswa (seluruh civitas akademika).


TUGAS DAN FUNGSI :

Tugas pokok Akademi Statistika Muhammadiyah (AIS-M) Semarang adalah menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 yang berdasarkan tuntunan Islam dengan cara ilmiah yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat menurut perundangan yang berlaku.
Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang mempunyai fungsi :
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan tenaga ahli madya (D3) di bidang statistika.
Menyelenggarakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi.
Menyelenggarakan pembinaan terhadap civitas akademika dalam hubungannya dengan lingkungan sekitar.
Mengadakan kerja sama dengan lembaga pemerintah maupun swasta tingkat regional maupun nasional.


TUJUAN :
Tujuan pendidikan program D3 Akademi Statistika Muhammadiyah Semarang adalah menghasilkan lulusan ahli madya statistika yang memiliki kualifikasi kompetensi :
menguasai dasar-dasar statistika sebagai sains dan metode serta teknik komputasinya untuk penyelesaian di bidang ekonomi (pertanian, industri), sosial dan pemerintahan.
mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan dalam metode statistika dan teknik komputasinya dengan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
mampu berfikir logis, analitis, sistematis dan obyektif dalam menyelesaikan masalah nyata baik secara mandiri maupun berkelompok.



KOMPETENSI LULUSAN


Berdasarkan visi dan misi AIS-M Semarang, kompetensi keluaran (kelulusan) adalah sebagai ahli madya statistika yang memiliki kemampuan untuk berkarir dalam bidang statistika. Kompetensi lulusan tersebut meliputi kompetensi utama, pendukung dan kompetensi lain yang bersifat khusus dan gayut.

1. Kompetensi Utama :
Mampu menggunakan teknik-teknik analisis statistika untuk menyelesaikan masalah (yang relevan) dalam bidang ekonomi (pertanian, industri), sosial dan pemerintahan.
Kompetensi ini dicirikan oleh mata kuliah – mata kuliah inti dengan jumlah 64 SKS (57,66%) dari jumlah SKS yang harus diambil untuk menyelesaikan program D3 ini.

2. Kompetensi Pendukung :
Mampu mengaplikasikan sistem informasi yang mendukung analisis statistika.
Kompetensi ini dicirikan oleh mata kuliah – mata kuliah institusional, kecuali mata kuliah – mata kuliah penciri kompetensi lain dengan jumlah 36 SKS (32,43%) dari jumlah SKS yang harus diambil untuk menyelesaikan program D3 ini.

3. Kompetensi Lain :
Memiliki wawasan dan mempunyai kepribadian yang mampu beradaptasi dalam pluralisme masyarakat.
Kompetensi ini dengan jumlah 11 SKS (9,91%).


Info lebih lanjut tentang AIS M Semarang, kunjungi saja teman ni situsnya :
www.aismuh.ac.id/

No comments:

Post a Comment

tanggapan, saran, kritik, diskusi, dll silahkan corat-coret dikomentar, tapi yang sopan ya..